Mudah Belajar Brevet Pajak

Home > List Berita & Artikel > Mudah Belajar Brevet Pajak

Jika berbicara mengenai pajak, maka bisa dipastikan bahwa hal tersebut bukan merupakan sebuah hal yang relatif sederhana dan mudah untuk dipahami bagi sebagian orang. Maka dari itu, diperlukan sebuah kompetensi dasar atas sebuah klasifikasi ilmu, guna bisa menghasilkan satu terapan yang bisa digunakan dalam ranah yang profesional.

Melalui sebuah siaran langsung Ekuitas Punya Cerita, Ibu Lina Said selaku narasumber dalam siaran tersebut mengatakan “pajak merupakan satu hal yang wajib dikuasai oleh setiap orang yang sedang menjalani hidup di suatu ruang lingkup kenegaraan, khususnya Indonesia”.

Juga, dalam siaran Instagram yang digelar pada tanggal 14 April 2021 tersebut, Gina Aulia selaku moderator beserta narasumber membahas secara lengkap perihal program Brevet A & B yang merupakan sebuah program perpajakan dibawah naungan Tax Centre STIE EKUITAS.

Program tersebut sekaligus menjadi sebuah program sertifikasi yang wajib ditempuh oleh mahasiswa dengan program studi S1 Akuntansi dan D3 Akuntansi yang ada di STIE EKUITAS, agar para lulusan diharapkan mendapat cukup bekal berupa kompetensi yang dapat diaplikasikan terhadap perusahaan yang membutuhkan jasa dari lulusan-lulusan yang  menjadi ahli perihal perpajakan.

Brevet Pajak A & B merupakan sebuah program yang dibentuk melalui kerjasama lembaga antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan STIE EKUITAS itu sendiri, guna  bisa memberi pendidikan dan edukasi pada mahasiswa, civitas akademik, hingga kepada masyarakat luas yang membutuhkan baik melalui instruktur yang berprofesi sebagai konstultan pajak maupun melalui instruktur yang berada dalam naungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Indonesia.

Program yang pertama kali dilaksanakan dari tahun 2013 tersebut, tidak hanya dibuka bagi mahasiswa STIE EKUITAS saja, melainkan mahasiswa dari perguruan tinggi lain pun dapat berpartisipasi pada program yang selama ini menjadi andalan untuk menciptakan banyak sumber daya manusia yang berkualitas.

Berikut merupakan persyaratan yang harus dimiliki jika ingin mengikuti sertifikasi Brevet Pajak A & B yang ada di STIE EKUITAS :

  • Mahasiswa aktif dalam ruang lingkup internal maupun eksternal STIE EKUITAS
  • Alumni, karyawan, masyarakat umum, diperbolehkan
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran hingga memperoleh batas minimum nilai ujian
  • Bersedia membayar biaya sertifikasi sebesar Rp 1.450.000 bagi ruang lingkup internal dan sebesar Rp 1.900.000 bagi ruang lingkup eksternal STIE EKUITAS

Ada beberapa pokok bahasan yang dibahas oleh setiap instruktur dalam setiap pertemuan Brevet A & B ini seperti tata cara perpajakan, tata cara penghitungan Pph Pribadi, Pph Badan, dan penghitungan-penghitungan lain yang masih berkaitan dengan mekanisme perpajakan yang ada di Indonesia.

Pelaksanaan program Brevet ini juga dilaksanakan diluar jam perkuliahan, sehingga dapat dipastikan tidak akan menganggu jalannya perkuliahan bagi peserta yang masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di suatu perguruan tinggi. Maka dari itu, segera daftarkan diri untuk mengikuti program tersebut agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas sehingga bisa diandalkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Selamat menikmati !

Penulis Artikel : Eri Budiman

Redaksi : HUMAS STIE EKUITAS