Ekuitas Accounting Day 2021

Home > List Berita & Artikel > Ekuitas Accounting Day 2021

3 April 2021

Walaupun saat ini dunia sedang disibukan dengan pandemi COVID-19, tidak menyurutkan semangat mahasiswa-mahasiswa STIE EKUITAS untuk tetap menghasilkan sesuatu yang bisa berdampak bagi masyarakat luas. Salah satunya adalah melalui Ekuitas Accounting Day 2021.

Ekuitas Accounting Day merupakan sebuah kompetisi  rutin per satu tahun yang dibuat oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi STIE EKUITAS, guna bisa menjadi wadah bagi para pelajar untuk saling mengasah mental dan juga kemampuan dari diri mereka masing-masing.

Kompetesi yang pertama kali dibuat pada tahun 2016 ini, berhasil mendapat atensi yang cukup melimpah, khususnya bagi kalangan pelajar yang menaruh perhatian tinggi dalam dunia akuntansi. Dengan total 32 tim yang setiap timnya terdiri dari 1 atau 2 orang anggota, mengharuskan panitia untuk mengkurasi setiap pemenang dalam setiap babak penyisihan, sampai akhirnya muncul seorang juara yang ditetapkan pada babak final yang digelar pada  3 April 2021 ini.

Ada beberapa sistem penilaian digunakan untuk menentukan seorang juara dari 32 tim yang bertanding selama kompetisi tersebut berlangsung. Beberapa diantaranya adalah sistem siapa cepat, sistem analisa permasalahan, hingga sistem presentasi atas sebuah topik yang dilempar secara acak oleh dosen tamu yang hadir dalam acara EAD 2021 tersebut.

Terlihat banyak sekali raut wajah dari para peserta yang menunjukan ketegangan saat kompetisi ini berlangsung. Tapi biasanya ketegangan tersebut bisa langsung hilang jika panitia telah memutuskan bahwa jawaban yang dia pilih adalah benar.

Dari total 32 tim yang bertanding pada 27 Maret 2021, kemudian panitia mengkurasi lebih lanjut jumlah peserta agar menjadi lebih sedikit. Terhitung saat babak semifinal & final yang dilaksanakan  3 April 2021 ini hanya terdapat 20 tim yang saling beradu kekuatan.

Setelah semua tim yang tersisa bertanding pada babak semifinal & final tadi, akhirnya panitia mengungumkan sang juara. Berikut merupakan daftar juara 1 s.d 5 yang telah dipilih oleh panitia berdasarkan point tertinggi yang keluar dari setiap akumulasi sistem penilaian :

  • Juara 1 : SMA Santa Angela
  • Juara 2 : SMA Santa Angela
  • Juara 3 : SMA Jember
  • Juara 4 : SMA Santa Angela
  • Juara 5 : MAN 2 Tasikmalaya

Raka sekalu moderator dari acara tersebut mengatakan, “kompetisi-kompetisi seperti ini harus rutin digelar, selain karena para panitia juga senang untuk membuat karya yang seperti ini, tapi kami juga akan lebih senang ketika melihat ekspresi bahagia dari para pelajar yang keluar sebagai juara”

Beliau juga menambahkan “jangan berkecil hati kepada pelajar yang hari ini belum jadi juara, mungkin besok hari atau dikompetisi-kompetisi lain kalianlah yang akan menjadi juara sebagai hasil dari buah kerja keras yang dilakukan selama ini”

Selamat kepada para juara, kami harap dengan menerima hadiah berupa sedikit penghargaan yang dapat kami berikan bisa bermanfaaat bagi banyak orang. Terlebih ilmu yang hari ini didapat bisa disebar luaskan kepada orang-orang yang juga membutuhkan. Sekali lagi selamat.

 

Penulis Eri Budiman

Redaktur : HUMAS STIE EKUITAS