Wisuda STIE EKUITAS Gel. 1 2020

Home > List Berita & Artikel > Wisuda STIE EKUITAS Gel. 1 2020

 

(ANTARA) - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas Bandung (STIE Ekuitas) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), Universitas Islam Bandung dan Valbury di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Ekuitas terus berusaha menunjukkan komitmennya untuk menjadi perguruan tinggi terbaik dalam memberikan kualitas pendidikan, yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja," kata Ketua STIE Ekuitas Prof Dr rer nat M Fani Cahyandito, SE MSc CSP, seusai wisuda gelombang I tahun akademik 2019/2020 yang diikuti 302 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madyanya secara virtual, di Bandung, Jumat.

Prof Fani menuturkan bahwa STIE Ekuitas, menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademis dan keahlian khusus sebagai kewajiban perguruan tinggi.  Namun akan lebih lengkap apabila alumni yang dihasilkan tersebut  berkarakter, berkualitas, dan berdaya saing tinggi. "Untuk mencetak lulusan yang memiliki tiga unsur tersebut, perlu dibentuk manajemen yang memiliki visi sama,” kata Prof Fani.

Lebih lanjut Prof Fani menyebutkan, implementasinya dari pimpinan dulu. Pimpinan kemudian memberi contoh pada anak buahnya. “Dalam rencana strategis STIE Ekuitas, saya ingin membangun Ekuitas yang berkarakter. Yaitu memiliki pimpinan yang kredibel, jujur dan terpercaya, manajemen yang transparan dan ketiga lulusan yang berkarakter,” kata dia.

Menurut Prof. Fani, memiliki karakter merupakan ciri khas dan keunggulan dari lulusan yang dihasilkan perguruan tinggi milik yayasan BJB tersebut dan hal itu sesuai dengan program pemerintah saat ini yaitu Revolusi Mental. 

Dalam hal kurikulum, pembentukan karakter lulusan juga diterapkan pada sejumlah mata kuliah dan dalam membentuk lulusan berkarakter dengan mempertimbangkan berbagai kelemahan yang dimiliki oleh lulusan STIE Ekuitas saat ini, maka mahasiswa Ekuitas harus dipersiapkan sedemikian rupa melalui berbagai kegiatan yang mendukung tumbuhnya lulusan berkarakter tersebut.

“Alhamdulillah, STIE Ekuitas saat ini menjadi salah satu lembaga pendidikan yang sudah mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat," kata dia. 

Hal tersebut, dapat dilihat dari jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat berarti. 

Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah peminat yang ingin melanjutkan pendidikan di Ekuitas tercatat 1.834 orang dan yang registrasi sebanyak 584 orang. Adapun jumlah mahasiswa yang sedang mengikuti pendidikan sampai saat ini berjumlah 3.051 orang     

Pada wisuda gelombang I tahun akademik 2019/2020 ini diikuti 302 wisudawan dari  program studi Magister Manajemen (S2) sebanyak 26 orang, program studi Manajemen (S1) sebanyak 116 orang, prodi Akuntansi (S1) sebanyak 120 orang, prodi Perbankan & Keuangan (D3) sebanyak 31 orang dan program studi Akuntansi (D3) sebanyak 9 orang. 

Dari 302 wisudawan, 124 wisudawan berhasil lulus dengan predikat Cum Laude atau dengan pujian. 

Prof Fani, mengungkapkan, kepercayaan dunia industri dan dunia kerja kepada lulusan STIE Ekuitas semakin tinggi. Terbukti, dari jumlah wisudawan sebanyak 302 lulusan, hampir 40 persen sudah direkrut oleh perusahaan sebelum lulus kuliah. 

“Padahal saat ini, kondisi pandemi COVID- 19 banyak terjadi pemutusan hubungan kerja. Alhamdulillah, lulusan Ekuitas malah memperoleh panggilan bekerja dari sejumlah perusahaan. Namun yang terpenting, kami menitipkan agar para alumni Ekuitas ini dapat menjaga citra positif dan nama baik almamaternya," kata diam

Kerja sama lainnya

Tahun 2020 ini merupakan tahun pembuktian komitmen kami terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan STIE Ekuitas dan sesuai dengan visi kami untuk menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional. 

“Alhamdulillah kami telah mencapai visi tersebut yang dibuktikan dengan sejumlah kerja sama dengan Lembaga dan PT yang ditindak lanjuti dengan kegiatan seperti pertukaran mahasiswa, dosen tamu, joint research, joint conference, dll,” kata Prof Fani Cahyandito.

Beberapa kerja sama STIE Ekuitas dalam dan luar negeri yaitu dengan Kedutaan Besar Qatar, MarkPlus, Inc (MarkPlus & Co), SEGI University Malaysia, Kolej University Islam Antarabangsa Selangor Malaysia, Young San University Korea, Kanazawa University Jepang, Fontys International Business Scholl Belanda, University of Kuala Lumpur Malaysia, City Institute Australia, King Own Institue (KOI) Australia, Australian College Business Intelligent (ACBI), Universiti Malaysia Klantan, Universitas Jambi, Universitas Widyagama Samarinda, Universitas Bina Nusantara Bandung.

Adapun beberapa kegiatan mahasiswa sebagai implementasi dari kerjasama luar negeri, seperti Double Degree ke YSU, Summer Program, Internship Student Exchange-Fontys dan Student Exchange KUIS.
   
Prof Fani menambahkan sejak tahun akademik 2017/2020, telah di buka program kerja sama STIE Ekuitas dengan Bank BJB untuk mempersiapkan mahasiswa terpilih yang akan bekerja di Bank BJB dalam program "talent scouting" atau program Ikatan Dinas Bank BJB. 

“Dan mulai tahun ini, telah dibuka Program Talent Scouting atau program Ikatan Dinas Bank BJB untuk program Diploma. Alhamdulillah telah tiga batch yang telah kami laksanakan, dengan lulusan 25 mahasiswa di batch pertama, 21 mahasiswa batch kedua dan 29 mahasiswa di batch ketiga yang terdiri dari 15 mahasiswa program Sarjana dan 14 mahasiswa program Diploma,” katanya.

 

Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA