Program Kemendikbud Ristek “Merdeka untuk Semua”

Home > List Berita & Artikel > Program Kemendikbud Ristek “Merdeka Untuk Semua”

Dalam rangka untuk memicu sejumlah manfaat yang nantinya akan dirasakan oleh mahasiswa ketika mengikuti program pertukaran pelajar ‘Merdeka untuk Semua’, maka STIE EKUITAS melalui Program Studi S1 Akuntansi berupaya untuk memberikan sebuah wadah guna dapat dimanfaatkan oleh 4 mahasiswa terpilih untuk memperoleh sejumlah manfaat yang tadi telah disebutkan.

Ke-4 Mahasiswa yang dimaksud diantaranya adalah Ai Hartati (S1 Akuntansi ’18), Annisa Rizqi Fauziani (S1 Akuntansi ’19), Dimas Ruhayat Padmadinata (S1 Akuntansi ’19), dan Rheina Gusti Haikal (S1 Akuntansi ’18).

Dalam mekanismenya sendiri, seluruh peserta terpilih akan diberi kesempatan untuk dapat merasakan sensasi belajar diluar perguruan tinggi asal (STIE EKUITAS). Terdapat beberapa mata kuliah yang menjadi pilihan atas diadakannya program pertukaran pelajar tersebut. Beberapa diantaranya Matematika Keuangan, Sistem Keuangan Pusat dan Daerah, Sistem Pemotongan dan Pemungutan Pajak, Sistem Keuangan Pusat dan Daerah, hingga yang terakhir adalah Auditing 1

Program tersebut merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan telah berjalan sejak 9 September 2021. Dalam program tersebut, Kemendikbud, selaku pihak penyelenggara menggandeng 3 mitra perguruan tinggi yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Terbuka (UT).

Menurut informasi yang telah dihimpun melalui interview singkat Bersama Kaprodi S1 Akuntansi yakni  Dwi Puryati, SE., M.Si., Ak, dirinya mengatakan bahwa program tersebut akan berjalan maksimal selama satu semester pada periode semester ganjil di tahun ajaran 2021/2022 ini.

Hal tersebut, tentunya menjadi sebuah angin segar bagi mahasiswa/I STIE EKUITAS yang telah terpilih dalam Program Beasiswa Pertukaran Pelajar “Merdeka untuk Semua” untuk menjadikan program tersebut sebagai salah satu media untuk dapat mengembangkan diri, terlebih terhadap hal yang berkaitan dengan proses adaptasi atas sebuah lingkungan yang berbeda daripada biasanya.

“Harapan saya untuk keempat mahasiswa yang terpilih dalam program tersebut semoga dapat selalu menjaga nama baik STIE EKUITAS. Terlebih dengan mengikuti program tersebut, diharapkan mahasiswa/i terpilih dapat bersaing untuk menunjukan kapabilitas mahasiswa STIE EKUITAS yang nyata adanya. Dan yang terpenting adalah selalu semangat, terus bekerja keras, dan jaga terus konsistensi selama program tersebut berlangsung” jelasnya.

Terhitung dengan diadakannya Program Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar “Merdeka Untuk Semua”, total sudah genap sebanyak 4 dari  8 jenis Sub-Program Kampus Merdeka yang berhasil direalisasikan Oleh STIE EKUITAS selaku sebuah Institusi Pendidikan yang turut memiliki andil dalam seluruh tindak lanjut atas sejumlah program yang tersedia di Strata Perguruan Tinggi .

Tentunya, hal tersebut menjadi kabar yang membanggakan, mengingat program tersebut dirasa telah berhasil menarik perhatian banyak Mahasiswa di Indonesia untuk dapat turut serta dalam masing-masing program yang tersedia.

Beliau juga menambahkan kepada seluruh Mahasiswa/I STIE EKUITAS yang saat ini masih menempuh pendidikan tinggi, untuk dapat terus menggali informasi seputar program-program bermanfaat seperti Program Kampus Merdeka ini agar segala kemampuan yang telah didapat ketika menempuh bangku perkuliahan dapat diimplementasikan tentunya dengan segala penyesuaian atas beragam perbedaan yang terdapat dalam Industri yang bersifat professional.

Ketika ditanya mengenai kira-kira apa program kampus merdeka selanjutnya yang masih dalam tahap persipan dan bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa STIE EKUITAS, dirinya menjelaskan “ Saat ini, kami sedang mencoba untuk mensosialisasikan sebuah program kampus merdeka yang berorientasi pada hal-hal seputar kewirausahaan. Rencananya, program tersebut akan dilaksanakna melalui sebuah kolaborasi dengan Studepreneur STIE EKUITAS agar hasil yang dikeluarkan menjadi lebih luar biasa khususnya bagi mahahasiswa/i STIE EKUITAS yang berminat untuk mengikuti program tersebut” imbuhnya dengan semangat.

Beberapa saat sebelum sesi interview berakhir, dirinya juga berpesan agar seluruh mahasiswa/I STIE EKUITAS yang berminat untuk dapat berpartisipasi dalam beberapa Program Kampus Merdeka, untuk dapat melakukan persiapan sedini mungkin. Hal tersebut harus dilakukan supaya persiapan yang dilakukan lebih maksimal sehingga dapat berdampak baik bagi masing-masing individu.

 

Penulis Artikel : Eri Budiman

Redaktur : HUMAS STIE EKUITAS