Nurul Mafaza Umari, Juara 2 Lomba Photography

Home > List Berita & Artikel > Nurul Mafaza Umari, Juara 2 Lomba Photography

Untuk dapat menilai kemampuan diri, kami rasa, salah satu jalannya adalah melalui kompetisi. Melalui kompetisi pula, setidaknya kita dapat menilai sejauh mana diri sendiri akan bertahan ketika berkutat dalam tekanan.

Selain itu, kita juga dapat mengetahui segala kekurangan yang selama ini belum kita sadari, guna bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika telah menginjakan kaki di ranah profesional nanti.

Salah seorang yang saat ini tengah berusaha dalam proses pencapaian tersebut adalah Nurul Mafaza Umari, seorang mahasiswi Semester 7 STIE Ekuitas, yang saat ini tengah menduduki bangku perkuliahan dengan Program Studi S1 Akuntansi.

Pada sebuah perlombaan yang diadakan pada beberapa waktu kebelakang, dirinya berhasil menjadi juara ke-2 dari puluhan peserta yang terdaftar dalam Lomba Photography yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pajak pada Agustus  tahun 2021 lalu.

Dokumentasi Perlombaan : DJP 2021

Dokumentasi Perlombaan : Direktorat Jenderal Pajak 2021

Berlatar belakangkan rasa penasaran akan perlombaan yang berorientasi pada pendekatan visual, membuat dirinya semakin tertantang dan yakin akan kemampuan diri sendiri, terlebih ketika pertama kali memutuskan untuk ikut serta dalam perlombaan yang bertemakan  “manfaat pajak untuk masyarakat” tersebut.

Lebih lanjut dirinya bercerita, bahwasannya ketertarikan akan dunia kreatif tidak termasuk kedalam hal yang tiba-tiba muncul tiba-tiba.

Ketika ditanya alasan mengenai kenapa memutuskan untuk mengikuti perlombaan photography tersebut, dirinya menjelaskan “sebetulnya sejak lulus SMA aku cukup terinspirasi buat bikin konten. Dan salah satu konten yang biasanya aku buat sejak saat itu seperti konten make up tutorial yang biasanya dibikin sama beauty influencer Indonesia di Youtube gitu..” imbuhnya

Walaupun ketertarikannya akan dunia kreatif sejauh ini dapat membuahkan hasil, akan tetapi dirinya tidak melupakan kewajiban pertamanya yakni menyelesaikan pendidikan.

Saat ini dirinya menjadi seorang Asisten Dosen pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah. Dirinya berkata bahwa menjadi asdos adalah salah satu pengalaman yang berharga ketika sedang mempersiapkan softskill dimasa mendatang.

“waktu itu aku tiba-tiba dihubungin sama bagian prodi buat menjadi asisten dosen untuk salah satu mata kuliah akuntansi... dan kurang tau juga sih apa yang menjadi penilaian prodi waktu itu, ketika milih aku untuk menjadi salah satu asdos di program studi akuntansi. Walaupun sempat ragu ketika menjalani peran sebagai asdos Akuntansi Keuangan, seiring dengan berjalannya waktu, keraguan tersebut kian menipis karena aku enjoy dan senang saat mengisi kelas dari para mahasiswa/i ekuitas” dirinya menambahkan.

Bagi mahasiswi yang saat ini tengah memasuki tahun terakhir masa perkulihan, kegiatan-kegiatan diluar kampus sangat menunjang untuk dapat berkontribusi di ranah profesional nanti.

Dirinya menjelaskan, bagi para mahasiswa/i yang saat ini masih berada pada tingkat dibahwanya (tingkat 1,tingkat 2, tingkat 3), bahwasannya mengikuti kegiatan organisasi ataupun UKM di sekitar area kampus dapat menjadi jalan keluar bagi mahasiswai yang saat ini merasa memiliki banyak kekurangan khususnya dalam hal softskill.

Kita dapat belajar banyak kemampuan ketika berkecimpung dalam dunia organisasi. Beberapa diantaranya kita dapat berlatih tentang bagaimana cara berkomunikasi yang efektif, tentang bagaimana caranya mengatur orang diluar diri sendiri maupun orang lain, kita dapat berlatih untuk memprioritaskan tanggung jawab, dan beberapa softskill lainnya yang dapat menjadi penunjang bagi kemampuan berkarir dimasa mendatang.

Sambil menutup sesi wawancara singkat bersama HUMAS STIE EKUITAS yang dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2021 yang lalu dirinya mengatakan “untuk temen-temen yang belum pernah ikutan lomba atau buat temen-temen yang sampai hari ini masih belum pede buat nunjukin kempuannya di suatu kompetisi, yuk segera ikutan. Lakukan dulu aja semampunya dan sesuai kan dengan minat dan bakat daripada temen-temen ya. Karena lambat laun pencapaian bakal segera datang kepada temen-temen yang tidak pernah menyerah”katanya sambil penuh semangat

 

Penulis Artikel : Eri Budiman

Redaktur : HUMAS STIE EKUITAS