Program Double Degree STIE EKUITAS

Home > List Berita & Artikel > Program Double Degree STIE EKUITAS

Bepergian ke luar negeri mungkin merupakan salah satu dari sekian banyak tujuan yang dimiliki oleh beberapa orang. Banyak dari mereka yang beralasan bahwa, mendalami budaya bangsa sendiri saja belumlah cukup untuk bisa menghabiskan rasa penasaran terhadap banyaknya hal menarik yang dimiliki oleh setiap negara yang ada di muka bumi ini.

Hanya saja untuk bisa menginjakan kaki di negeri orang, bukan merupakan satu hal yang mudah. Diperlukan biaya yang cukup besar untuk bisa singgah atau bahkan bermukim di suatu negara dalam jangka waktu yang nantinya akan ditentukan. Maka dari itu, STIE EKUITAS hadir sebagai fasilitator guna bisa mewujudkan mimpi para mahasiswa/i nya melalui Program Double Degree yang telah diinisiasi selama kurang lebih 3 tahun kebelakang. (Double Degree : sebuah program bagi para mahasiswa/i yang ingin memperoleh gelar ganda saat kelulusan)

Dalam Webinar yang berjudul : ‘Grasp the Opportunity to Study in Korea’ ini, telah hadir beberapa narasumber terkait dengan program double degreee tersebut beberapa diantaranya adalah Prof. Je Dae Sik, M.Pd. sebagai perwakilan dari Lembaga Kerjasama Tongmyom University dan juga Widi Prastika, SE, MBA sebagai lulusan dari Program Double Degree yang telah diinisiasi oleh kerjasama STIE EKUITAS dan Youngsan University (Korea Selatan).

Program Double Degree yang telah menghasilkan kurang lebih 3 lulusan dari mahasiswa/i dengan Program Studi Magister Manajemen ini, berhasil menjadikannya sebagai program yang dapat mendongkrak kualitas daripada suatu SDM (Sumber Daya Manusia) untuk nantinya dapat digunakan diranah yang profesional.

Dalam proses implementasinya sendiri, program tersebut memiliki 2 pilihan periode yang nantinya dapat dipilih oleh mahasiswa/i mengenai bagaimana program tersebut dimulai, dan juga bagaimana program tersebut akan berakhir.

Kedua jenis periode tersebut terdiri atas (2+2 program) dan (1+2+ 1 program). (2+2 program) adalah periode dimana mahasiswa/i dapat mengikuti Program Double Degree selama 2 semester di STIE EKUITAS dan 2 Semester di Youngsan University. Kemudian, (1+2+1 program) adalah periode yang mengharuskan mahasiswa/i atas program tersebut mengikuti perkuliahan 1 semester di EKUITAS, lalu melanjutkan selama 2 semester di Youngsan University sebelum kemudian kembali lagi ke STIE EKUITAS untuk melanjutkan 1 semester terakhir.

Saat ini, terdapat dua orang mahasiswa STIE EKUITAS yang masih berada di Youngsan University. Mereka adalah Rosmayanti dari Program Studi S1 Akuntansi dan Daniel Arisandi dari Program Studi S1 Manajemen. Dari mereka kita dapat menarik kesimpulan bahwa Program Double Degree ini tidak hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil program Magister saja, melainkan mahasiswa dari Program Studi minimal S1 dapat ikut serta dalam program yang menjadi dambaan bagi kebanyakan mahasiswa/i STIE EKUITAS.

“Buat semua mahasiswa yang berminat buat ikutan program double degree ini jangan pernah buat berkecil hati ketika melihat biaya yang harus dibayar cukup bahkan relatif besar bagi kalian setingkat mahasiswa. Masih ada beasiswa yang bisa dimanfaatkan salah satunya beasiswa yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Terus semangat dan teruslah berjuang.” Ujar Widi Prastika selaku alumni dari program tersebut.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti program tersebut? Dalam paparannya Widi Prastika menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin mengikuti program tersebut. Dalam hal ini kami akan mencoba menguraikan dokumen-dokumen apa saja yang perlu disiapkan untuk mendapat LoA dari Youngsan University bagi Mahasiswa/i Program Studi Magister Manajemen terlebih dahulu , Berikut adalah rinciannya :

  1. Sertifikasi Bahasa
  2. Admission Application
  3. Pas Foto 3.5 × 4.52
  4. Fotocopy Passport
  5. Fotocopy Ijazah S1 (legalisir)
  6. Fotocopy Transkrip Nilai (legalisir)
  7. Buku tabungan asli dengan pemakaian 3 bulan terakhir
  8. Surat Pernyataan Orang Tua
  9. Surat Penjelasan Pekerjaan Orang Tua
  10. Surat Pajak Penghasilan Orang Tua
  11. KTP Orang Tua
  12. Akte Kelahiran
  13. Kartu Keluarga
  14. Surat Bebas Pernyataan Bebas TBC dari Rumah Sakit

Untuk info lebih lanjut mengenai Program Double Degree STIE EKUITAS dapat menghubungi Instagram Lembaga Kerjasama dengan username @intl.affairsekuitas. Terus semangat dan jangan pernah menyerah .

 

Penulis Artikel : Eri Budiman

Redaktur : HUMAS STIE EKUITAS