Kuliah Sambil Bisnis? Gampang…

08:00:00
STIE EKUITAS
Home > List Agenda > Kuliah Sambil Bisnis? Gampang…

Fleksibilitas jam kuliah membuat mahasiswa memiliki cukup banyak waktu luang. Ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa dari potensi potensi di sekitar daerahnya. Tiap mahasiswa punya motivasi sendiri dalam memulai bisnis, entah untuk sekedar menambah uang saku atau bahkan untuk membangun bisnis jangka panjang. Kejelian para mahasiswa dalam melihat peluang bisnis dan luasnya jaringan pertemenan yang mereka miliki baik di lingkungan kampus maupun pertemanan dunia maya, cukup memudahkan mereka untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

 

Kemampuan dan pengetahuan para mahasiswa dalam mengoperasikan gadget maupun menggunakan jaringan internet, turut memudahkan kalangan mahasiswa untuk mengembangkan bisnisnya dilingkungan kampus maupun pasar maya. Melihat sekarang ini internet menjadi media promosi yang sangat efektif, tidak sulit bagi kalangan terpelajar untuk bisa mempromosikan bisnis sampingan mahasiswa ini ke pangsa pasar yang lebih luas. Jadi, Tidak menutup kemungkinan bila bisnis sampingan mahasiswa ini bakal berhasil menembus pasar yang lebih luas.

 

Mengutip dari Accurate Digital Partner News dan Bisnis UKM

Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa:

 

Usaha Dropship atau Reseller Online, Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Bagi Anda yang belum tahu, bisnis dropship adalah salah satu model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk beli barang dulu tapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Jadi, selain butuh modal untuk beli barang, Anda juga harus siapkan tempat untuk menyimpannya.

 

Jasa Desain Grafis, Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Kalau Anda cukup memperhatikan perkembangan dunia digital sekarang ini, pasti akan melihat bahwa jasa desain grafis sangat banyak dicari di internet. Bisnis jasa desain grafis termasuk salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang sangat menguntungkan dan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya daya kreativitas tinggi. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, tentunya Anda harus punya skill dalam pengolahan gambar dan perangkat yang memadai. Anda juga perlu menguasai penggunaan software editing gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw.

Menjalankan Bisnis Travel Online

Apa mungkin mahasiswa bisa menjalankan bisnis travel online? Tentu saja bisa, karena bisnis ini sebenarnya bisa dijalankan siapa saja, termasuk mahasiswa. Untuk mengawali bisnis mahasiswa ini, mereka yang ingin berbisnis travel online bisa memulainya dengan bergabung dengan salah satu agen bisnis travel, misalnya Fastravel.co.id, atau Klikmbc.co.id.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka traveling, baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri sukur sukur bisa dapet gebetan bule. Selain punya bisnis yang menguntungkan, Anda juga berkesempatan untuk traveling ke banyak tempat.

Usaha Kuliner untuk Mahasiswa

Terakhir, bisnis rumahan untuk mahasiswa yang menguntungkan adalah menjalankan usaha kuliner. Tidak sedikit mahasiswa yang telah merasakan gurihnya berbisnis kuliner karena bisnis makanan memang tidak ada matinya.

Bisnis Jasa Fotografi untuk Mahasiswa

Menjadi seorang fotografer tentu harus punya skill yang memadai agar bisa menghasilkan gambar yang bagus. Untungnya, dengan kerberadaan kamera digital DSLR maka para penggunanya akan jauh lebih mudah dalam mengeksplorasi dan menghasilkan gambar menarik.

 

Event Organizer

Suka bikin acara di kampus? Dan senang ketika menjadi panitia di kampus? Kamu bisa coba membuka bisnis dengan teman-teman kampus untuk membuka jasa event organizer ataupun weeding organizer

Sumber :

  1. https://bisnisukm.com/keuntungan-bisnis-mahasiswa-dengan-modal-kecil.html
  2. https://accurate.partners/news/21-bisnis-kreatif-yang-cocok-untuk-mahasiswa/
  3. https://www.maxmanroe.com/bisnis-mahasiswa.html