D3 KEUANGAN PERBANKAN

D3 Keuangan Perbankan

Terakreditasi A SK No. 1454/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2016 

Ketua Prodi Keuangan dan Perbakan D3 : Susinah , ST. , MM

Profil Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan
Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan (Prodi D3 KP) STIE EKUITAS menerapkan sistem pendidikan vokasi, bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang siap kerja, dengan membekali pengetahuan dankompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (melalui program link and match). Lama kuliah dapat ditempuh dalam 3 tahun (6 semester) dengan total 43 mata kuliah dan 111 sks, atau bahkan bisa lebih cepat, dengan biaya relatif lebih murah dibandingkan perguruan tinggi lain.

Para pengajar rata-rata berpendidikan Magister (S2) dan dan Doktor (S3) dengan pengalaman praktik bisnis dan profesi lainnya. Kekhasan para lulusan (Prodi D3 KP) STIE EKUITAS adalah memiliki kompetensi inti (core competencies) di bidang keuangan dan perbankan, serta kewirausahaan, sesuai dengan tagline lembaga, yaitu: “Lebih Tahu Pendidikan Keuangan dan Perbankan”.

Guna mendukung keahlian para mahasiswa di dalam praktik bisnis, kegiatan akademik dilengkapi dengan praktik dan simulasi di laboratorium, al.: Lab. Bank Mini, Lab. Komputer, Lab. Bahasa, Lab Akuntansi, Lab. Pajak dan Tax Center, Galeri Bursa Efek, serta Program Magang (PKL) di berbagai perusahaan. Lulusan Program Diploma 3 Keuangan dan Perbankan STIE EKUITAS telah banyak terserap di dunia kerja di berbagai perusahaan, baik di perbankan, lembaga keuangan nonbank, serta di industri lainnya, maupun menjadi wirausaha yang berhasil.

VISI
Menjadi Program Studi unggulan yang menghasilkan ahli madya dalam bidang keuangan dan perbankan serta memiliki jiwa wirausaha yang professional pada tahun 2017

MISI
Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang keuangan dan perbankan dengan peminatan perbankan konvensional dan syariah
Melahirkan calon praktisi dan Ahli Madya yang menguasai bidang Keuangan dan Perbankan yang mempunyai integritas yang tinggi dalam menyongsong perubahan ekonomi baik lokal maupun global.
Mempunyai kemampuan dalam mengaplikasikan ilmu ekonomi khususnya bidang keuangan dan perbankan sehingga menjadi mandiri.
TUJUAN
Tujuan pendidikan dari Program Studi Keuangan dan Perbankan mencetak Ahli Madya yang mampu menjadi :

Tenaga profesional dan memiliki integritas serta dedikasi tinggi dalam bidang perbankan baik konvensional maupun syariah.
Memiliki jiwa wirausaha yang tangguh yang mampu mengembangkan potensi daerah dan nasional dalam menghadapi persaingan lokal dan global yang memberi manfaat bagi masyarakat.
Inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang keuangan dan perbankan.
STRATEGI
Dalam mengimplementasikan visi, misi, dan tujuan dari program studi Keuangan dan Perbankan yang merupakan satu kesatuan yang utuh, maka tahapan-tahapannya adalah :

Seleksi calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan memenuhi syarat.
Perkuliahan dengan kurikulum yang memiliki standar sesuai kebutuhan khususnya bidang perbankan.
Dibina oleh dosen akademisi dan praktisi yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya.
Pembekalan keahlian di luar kurikulum wajib yang dipersiapkan untuk menghadapi tuntutan dunia kerja.
KOMPETENSI LULUSAN
Dalam rangka mencapai profil kompetensi lulusan yang sudah dicanangkan, program studi keuangan dan perbankan berupaya untuk selalu mengembangkan kompetensi yang bisa beradaptasi dengan tuntutan dunia kerja dan dunia usaha. Adapun kompetensi yang diharapkan sebagai-berikut:

  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berjiwa pancasila dan memiliki integritas yang tinggi;
  • Mampu mengakses dan mengolah informasi, pasar, dan teknologi perbankan baik syariah maupun konvensional;
  • Mampu menyusun laporan keuangan baik institusi pemerintah maupun perusahaan swasta, BUMN, perbankan konvensional, dan syariah;
  • Mampu melaksanakan semua transaksi perbankan (funding, lending, operasional, backoffice dan pemasaran produk-produk bank )
  • Mampu berkomunikasi bisnis baik lisan maupun tulisan (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris);
  • Memahami kegiatan bisnis lembaga non keuangan baik lalu lintas moneter secara nasional, jaringan kewirausahaan
  • Mampu mengamalkan bidang profesi sebagai bankir secara profesional dan berjiwa entrepreneur.

Mail Keuangan dan Perbankan D3 : keuanganperbankan.d3@ekuitas.ac.id


© 2015 STIE Ekuitas Bandung. All rights reserved.