Peran Perpustakaan Dalam Pengembangan Literasi Informasi dan Komunikasi Ilmiah

19-05-2017 Berita

Rabu 17 Mei 2017 telah di selenggarakan seminar dan workshop yang diadakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Wilayah Jawa Barat . Seminar yang bertajuk ”Peran Perpustakaan Dalam Pengembangan Literasi Informasi dan Komunikasi Ilmiah" ini  bertujuan agar peserta seminar dapat belajar secara mandiri dimana pun berada dan berinteraksi dengan berbagai informasi khususnya dalam pencarian referensi research online, selain itu juga khususnya untuk pustakawan dapat menjadi subjek specialist dalam menjembatani kebutuhan komunikasi ilmiah bagi civitas akademika.

Semiar dan workshop tersebut memberikan dampak terhadap perpustakaan di STIE Ekuitas, diantaranya adalah :

  1. Perjanjian kerjasama (MoU) antara Forum Perpustakan Perguruan Tinggi Jawa Barat Dengan   STIE Ekuitas; Para Pihak akan saling membantu dalam melaksanakan berbagai program kerja sama dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada di lingkungan kedua belah pihak.

Berikut adalah program-program kerjasama yang tertulis dalam MoU tersebut yaitu:

  1. Pengembangan sumber daya manusia dalam bidang perpustakaan;
  2. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan bidang perpustakaan;
  3. Pertukaran data katalog induk perpustakaan;
  4. Pemanfaatan bersama sumber informasi dan koleksi perpustakaan; dan
  5. Pelestarian dan pendayagunaan karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan di Indonesia, karya orang Indonesia dan tentang Indonesia.

 

  1. Pemberian hibah buku (textbooks) dari FPPTI Jawa Barat yang berasal dari Asia Foundation kepada Perpustakaan STIE Ekuitas sebagai tuan rumah penyelenggaran Pertemuan Rutin Ilmiah II FPPTI Jawa Barat pada tahun 2017.

 


© 2015 STIE Ekuitas Bandung. All rights reserved.